general

Sukses Menjadi Seorang Guru Les Privat Ke Rumah

Sukses Menjadi Seorang Guru Les Privat Ke Rumah yang mau jadi guru les privat. Lumayan tuh, bisa tambah-tambah uang saku. Eh, kok jadi bingung mau ngapain? Ngajar lah, kan kamu udah pintar dan menguasai materi yang akan kamu ajarkan. Selain materi pelajaran, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut deh biar kamu lebih nyaman dalam mengajar dan jadi guru les privat bintaro yang baik untuk murid kamu. Apa aja? Simak yang satu ini ya, Loopers!

Berusaha Mengenali Latar Belakang Murid

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengenal latar belakang murid kamu. Di mana sekolahnya, bagaimana dia berperilaku sehari-hari, hal-hal apa yang dia suka, itulah yang harus kamu ketahui. Hal ini semata-mata biar kamu bisa menyesuaikan diri dengan murid kamu, sehingga kamu nggak akan merasa canggung.

Melakukan Obrolan Sebelum dan Sesudah Belajar-Mengajar

Sebelum kamu memulai pelajaran, ada baiknya kalo kamu ngobrol dengan dia walaupun cuma sebentar. Hal tersebut bisa membuat dia nyaman sama kamu. Ketika pelajaran selesai, sebagai guru les privat ke rumah kamu juga harus melakukan obrolan-obrolan ringan dengannya. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih akrab sama dia.

Mendahulukan Mengerjakan PR-nya

Ketika kamu mulai mengajar, dahulukan PR dan tugas-tugas yang belum dia selesaikan. Bantu dia mengerjakan PR-nya, jangan kamu yang mengerjakan. Kesalahan yang paling sering dilakukan sama seorang guru les adalah mengerjakan PR muridnya. Kalo seorang guru les melakukan hal tersebut, itu sama saja dengan menjerumuskan murid ke jurang kebodohan. PR diberikan dengan tujuan agar murid bisa berlatih. Jadi kalo kamu yang mengerjakannya, itu berarti kamu yang tambah pintar, bukan murid kamu.

Bersabar dan Tegas

Murid kamu akan berusaha untuk mengalihkan konsentrasinya ke hal-hal lain yang mampu mengganggu proses belajar, misalnya SMS-an, ke kamar mandi, atau hal lainnya. Pastikan kamu membuat aturan untuk membatasi hal-hal tersebut. Misalnya, jangan pernah memperbolehkan dia memegang hape ketika belajar, serta waktu 1 menit untuk ke kamar mandi.

Memberikan Pujian Atas Prestasinya

Apabila murid les privat di bintaro kamu menunjukkan hasil ujiannya ke kamu, dan dia bangga dengan nilainya yang bagus, puji dia. Lebih baik lagi kalo kamu memberikan hadiah kecil untuk menghargai usahanya dalam meraih nilai yang bagus.

Menjadi Seorang Sahaat Atau Saudaranya

Jangan pernah jadi orang lain, meskipun hubungan kamu hanya sebatas guru dan murid. Anggap dia menjadi saudara kamu, adik kamu sendiri. Ajari dia dengan penuh kasih sayang.

guru les privat datang ke rumah di bintaro

Akrab dengan Sanak Keluarganya

Selain akrab dengan sang murid, kamu juga harus lebih akrab dengan keluarganya, baik mama, papa, adik, kakek, nenek, bahkan pembantunya. Hal ini akan membuat kamu benar-benar diterima di keluarga sang murid.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang guru les yang baik. Kuncinya adalah satu, ketulusan. Selama kamu tulus dalam mengajar, kamu nggak akan merasa kesulitan dalam mengajar murid les kamu. Jadi guru les? Kenapa nggak? http://cdanesm.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s